Skip to content

BELAJAR SEKEDAR MENGHAFAL FAKTA?

10/08/2007
Pada kesempatan ulangan mid semester di sekolah, hampir semua siswa memulai pagi itu dengan memegang dan memabaca buku. Mereka menghafal fakta-fakta, kalimat-kalimat dan mungkin contoh-contoh yang nanti akan dituangkan dalam lembar jawaban ulangan mid semester. Mereka begitu bersemangat untuk menguasai dan menghafal fakta-fakta tersebut demi sebuah jawaban yang nantinya akan dinyatakan benar atau salah oleh guru mata pelajarannya.

Proses pembelajaran demikian telah berlangsung bertahun-tahun dan sudah dinyatakan sebagai proses yang memang demikian harus terjadi. Proses yang sama terjadi pada kebanyakan guru – pengajar. Guru – pengajar juga membaca dan mungkin juga menghafal fakta-fakta supaya nantinya dapat menyampaikannya kepada siswa di depan kelas. Guru – pengajar merasa puas dan lega kalau ternyata siswa dapat menerima “pengajaran” tersebut dan nantinya dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disajikan dalam ulangan mid semester. Ini sekilas gambaran tentang apa yang tejadi dalam diri para siswa dan guru – pengajar (termasuk saya) di sekolah.

Menjadi pertanyaan saya pada hari ini? Inikah tujuan belajar yang sesungguhnya? Kiranya proses tersebut masih jauh dari tujuan belajar yang sesungguhnya, di mana belajar dan mengajar harus mengantar siswa pada pemahaman yang lebih baik tentang dirinya sendiri dan sesama serta apa yang sedang terjadi di lingkungannya, sehingga para siswa ini siap untuk menghadapi dan mengambil langkah-langkah dalam hidupnya berkaitan dengan perkembangan yang terjadi. Oleh kaarena itu, proses belajar dan mengajar di sekolah semestinya kita kembangkan untuk menolong para siswa mempelajari apa yang tejadi di lingkungan lokal maupun lingkungan yang lebih luas. Dengan demikian proses belajar dan mengajar di sekolah tidak mengasingkan para siswa dari dunianya sendiri, sehingga siswa tidak limbung menghadapi perubahan cepat yang terjadi di lingkungan sekarang ini.

Semoga.

Advertisements
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: