Skip to content

SEJARAH DAN KEBIJAKSANAAN HIDUP

10/08/2007
Dalam sebuah wawancara televisi di Jogya TV malam yang lalu, terjadi diskusi bagaimana Sejarah manusia ini dapat mengantar generasi muda kepada kebijaksanaan dalam hidupnya. Sayangnya pembelajaran dan cara pandang terhadap sejarah terlalu banyak dicampuri dengan kepentingan-kepentingan lain, seperti kepentingan politik, sehingga peranan ilmu-ilmu sejarah dan ilmu sosial yang lain tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Pembelajaran sejarah bukan sekedar pembelajaran mengenai fakta-fakta masa lalu, namun demikian pembelajaran sejarah harus mampu membawa para generasi muda untuk sampai pada kesadaran mengenai peradaban manusia yang telah dan sedang terjadi. Pembelajaran sejarah dan ilmu sosial yang lain mustinya dapat membantu generasi muda pada kesadaran kritis tentang bagaimana dan mengapa suatu peristiwa sejarah terjadi. Generasi muda dibimbing untuk memahami fakta-fakta peristiwa sehari-hari secara lebih mendalam sehingga dengan pengetahuan tersebut mereka mampu mengambil langkah-langkah penting guna mensikapi perubahan-perubahan yang telah dan sedang terjadi.

Jasmerah. Jangan sekali-kali melupakan sejarah. Dari sejarah itu hari ini ada dan masa depan diletakkan fondasi bangunannya. Selamat merefleksi.

Advertisements
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: