Skip to content

STUDENT LEADERSHIP

10/10/2007

Ada sebuah artikel dalam http://www.newhorizons.org/ yang menyoroti tentang apa dan bagaimana mengembangkan kepemimpin siswa atau Student leadership. Pada waktu-waktu kini dan mendatang sangat penting bahwa sekolah dapat menjebatani kebutuhan pengembangan kualitas kepemimpinan dalam diri para siswa-siswanya dan anggota komunitas yang lain.


Pertanyaannya adalah bagaimana dan sarana apa yang dapat digunakan untuk mengembangkan kualitas kepemimpinan tersebut. Kepemimpinan siswa tidak hanya ditunjukkan dan dikembangkan dengan berdiri depan podium memberikan pidato, atau menjadi pengurus OSIS atau yang lain. Itu semua dapat menolong mereka semua mengembangkan kualitas kepemimpinannya. Namun demikian secara keseluruhan, situasi dan relasi antar warga sekolah, siswa dengan siswa, guru dengan guru, guru dengan siswa dan sebaliknya semua dapat mendukung pengembangan kualitas kepemimpinan dalam diri siswa.

Para siswa dilatih untuk memiliki hati bagi kawannya yang kesepian, mereka dilatih dan diberi kesempatan untuk menyapa teman yang sedang sedih, mereka dilatih untuk dengan rendah hati memberikan uluran tangan kepada mereka yang membutuhkan. Inilah kualitas seorang student leader. Situasi dan suasana komunitas yang baik menjadi tempat yang baik untuk mengembangkan kualitas kepemimpinan dalam diri siswa. Semoga.

Advertisements
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: