Skip to content

GENERASI ABAD 21 INI PERLU APA YA?

10/25/2007
Jaman berubah cepat. Memerlukan sikap-sikap dan ketrampilan yang baik untuk menanggapi perubahan tersebut. Beberapa pertanyaan diajukan pada awal refleksi ini. Kondisi-kondisi apa yang telah tercipta dengan adanya perubahan tersebut? Kebutuhan-kebutuhan mendasar apa yang mendesak dipenuhi dalam kehidupan yang berubah cepat tersebut?

Bagaimana generasi-generasi sekarang ini dapat mempersiapkan diri agar dapat turut serta secara aktif untuk mensikapi perubahan-perubahan tersebut dan tidak menjadi korban perubahan itu sendiri? Ketrampilan-ketrampilan apa yang diperlukan agar generasi sekarang dan akan datang sehingga mereka dapat merespon perubahan dan kebutuhan jamannya dengan baik?

Dalam http://www.21stcenturyskills.org dituliskan beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh generasi jaman ini agar mereka dapat turut serta dalam perubahan yang sedang dan akan terus terjadi ini. beberapa kemampuan, skills yang harus dimiliki adalah:

1. Kemampuan untuk berkreasi dan membuat inovasi.
Seorang dituntut untuk mampu menunjukkan keaslian dari penemuannya dalam bekerja, mampu mengembangkan, mengimplementasikan dan mengkomunikasikan ide/gagasan kepada orang lain, terbuka dan responsif terhadap pandangan yang baru dan berbeda, mampu mewujudkan ide kreatifnya agar dapat dikenali dan menjadi sumbangan yang berharga dibidang penemuannya.

2. Kemampuan untuk berpikir kritis dan kemampuan memecahkan masalah.
Berlatih terus menerus dalam meningkatkan pemahaman, mampu membuat pilihan-pilihan yang kompleks, memahami saling keterhubungan antar sistem, mengidentifikasi dan mengajukan pertanyaan yang penting untuk mengklarifikasi berbagai sudut pandang yang mengantarnya pada pemecahan masalah yang lebih baik. Membuat kerangka pikir (framing), menganalisa, mensintesa informasi agar dapat memecahkan masalah dan menjawab pertanyaan.

3. Kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama
Mengungkapkan pemikiran dan gagasan secara jelas dan efektif melalui berbicara dan tulisan, menunjukkan kemampuan untuk bekerja bersama secara efektif dengan berbagai macam kelompok atau team, melatih fleksibilitas dan kemauan untuk membantu dalam membuat kompromi-kompromi demi tercapainya tujuan bersama, melakukan sharing tanggung jawab dalam bekerja sama.

Inilah beberapa skills yang harus mulai dilatihkan dan diwujudkan dalam proses pembelajaran di sekolah. Semua dapat dimulai di kelas di mana para anak didik belajar mengembangkan dirinya. Peranan Guru dalam menyiapkan pembelajaran yang mendorong para siswa menggunakan kemampuan-kemampuan dan melatih ketrampilan-ketrampilan tersebut sangatlah vital dan sentral.

Advertisements
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: