Skip to content

MEMBANGUN KELAS SEBAGAI KOMUNITAS

10/31/2007
Mengapa diperlukan suasana kelas sebagai sebuah komunitas di mana setiap siswa mengalami diterima sebagai pribadi? Apa yang dimaksud dengan kelas sebagai komunitas? Hal-hal apa yang diperlukan agar kelas sungguh-sungguh menjadi sebuah komunitas bagi siswa yang ada di dalamnya?


Kehidupan para siswa pada waktu sekarang ini dihadapkan pada suasana yang kurang bersahabat. Lingkungan yang sudah tidak aman lagi bagi perkembangan pribadi siswa membuat kehidupan para siswa terisolir dari lingkungan sekitarnya. Keluarga-keluarga lebih senang menyediakan hiburan yang sifatnya pribadi dan terbatas di dalam rumah sendiri. Relasi dengan orang lain sangat terbatas dan kurang mencukupi bagi perkembangan pribadi siswa-siswi ini.

Para siswa menjadi tidak nyaman berada dilingkungan bermainnya. Ini sangat kontras ketika jaman dahulu ketentraman dan kenyamanan sangat terjamin. Ketika masih anak-anak kita bebas bermain tanpa ada rasa was-was dari orang tua karena masyarakat sekitar turut serta menjaga kita semua jika bahaya datang. Hal ini menjadi sangat berkurang sekarang ini ketika setiap orang menjadi individualis.

Gagasan membangun kelas sebagai sebuah komunitas mau mengetengahkan ide perlunya hubungan yang harmonis di kelas, adanya hubungan saling ketergantungan, saling respect satu dengan yang lain, hubungan yang saling mempercayai satu dengan yang lain. Suasana hubungan demikian akan menjamin kebebasan untuk berkembang dan mengekspresikan diri termasuk mengekspresikan kemampuan dan keberhasilan belajarnya.

Lalu siapa yang bertanggung jawab membangun komunitas di kelas?

Advertisements
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: