Skip to content

TEACHER LEADERSHIP

11/11/2007


Teacher Leadership merupakan hal yang sangat mendesak untuk dikembangkan dalam diri para Guru-guru kita. Apa yang dimaksud dengan Teacher Leadership adalah kecakapan guru dalam mengambil keputusan-keputusan perubahan dalam diri dan dalam kelasnya.

Mengapa perlu Teacher Leadership saat ini?

Pertama kebanyakan guru sekarang ini bekerja sendirian. Guru disibukkan dengan aktifitas sekolah dan asyik sendiri dengan mapel yang diampu sehingga kurang koordinasi dan kerjasama dengan guru mapel yang lainnya. Kedua, Guru tidak memiliki kesempatan untuk memimpin. Ketiga, guru tidak memiliki kekuatan/pengaruh. Maka dengan Teacher Leadership ini seorang guru diharapkan dapat melakukan perubahan dengan tujuan agar tercapainya koordinasi dan kerjasama yang baik antar guru, terciptanya kesempatan untuk memimpin dengan kekuatan dan pengaruh yang positif.

Bagaimana Teacher Leadership dapat dicapai?
Pertama, harus ada tindakan dari pribadi untuk mengenali dan menggali kepemimpinan yang ada dalam dirinya. Untuk dapat melakukan itu seseorang perlu mendengarkan feedback, mengadakan refleksi pribadi, dan melakukan evaluasi diri, mampu menghargai dan memperhatikan semua sebagai hasil kerja dan sebagai dasar dari perubahan yang akan kita buat.

Kedua, perlunya profesionalisme dan pengetahuan. Dalam hal ini Guru perlu memiliki sifat yang responsif, komunikatif, influensial, dan profesional.

Ketiga, diperlukan kemampuan untuk bekerja sama( Collaborative skills). Dalam ketrampilan ini seorang guru harus belajar membuat keputusan, membangun tim, menyelesaikan masalah, dan memecahkan konflik.

Kemampuan untuk menjadi agen perubahan. Guru diharapkan menjadi sumber perubahan positif akan diri kita sendiri, anak didik, dan sesama di lingkungan kerja. Oleh karena itu perlu perencanaan, dan perubahan. dan pengembangan profesionalisme. Pertnayaan-pertanyaan yang perlu diajukan:
1. Siapa yang akan diubah?
2. Apa yang akan diubah?
3. Mengapa perlu diubah?
4. Bagaimana mengubahnya?
5. Kapan mulai diubah?
6. Dimana akan dilaksanakan perubahan?

Summarized by A. Herning Retnowati

Advertisements
One Comment leave one →
  1. Andreas permalink
    09/04/2010 3:11 am

    kesetian pada unit kerja tidak alih tempat demi kepentingan diri dalam mendidik anak sangatlah penting

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: