Skip to content

INOVASI DAN PERKEMBANGAN PENDIDIKAN MODERN

06/03/2008
Perkembangan manusia beserta segala aktifitasnya telah membuat perubahan di dunia ini. Perubahan tersebut telah membuat kehidupan manusia semakin lama semakin rumit, kompleks dan terhubung satu dengan yang lain. Tuntutan terhadap kehidupan manusia semakin banyak, dan memerlukan kerjasama satu dengan yang lain untuk memenuhinya.

Segala sesuatu selalu terhubung satu dengan yang lain, sehingga memerlukan kemampuan dan ketrampilan untuk berpikir menyeluruh terhadap suatu persoalan.

Pagi ini muncul beberapa gagasan dan sekaligus pertanyaan. Pendidikan sebagai bagian dari kebutuhan kehidupan manusia – yang memiliki peranan menyiapkan manusia yang belajar- menjadi siap berperan dalam kehidupan masyarakat, juga mau tidak mau turut berubah seiring dengan perubahan yang dijelaskan pada awal tulisan ini. Dunia pendidikan (sekolah) selalu harus melihat apa yang diperlukan oleh anak-anak agar mereka siap mengambil peran dalam proses perubahan dilingkungan hidupnya bertanggung jawab.

Dunia pendidikan sekarang ini sedang mengalami transisi dari pola masa lalu dimana sekolah menjadi tempat yang utama untuk menimba ilmu dan pembentukan dirinya kepada kenyataan bahwa ilmu dan pembentukan diri para siswa dapat terjadi diluar sekolah. Sekolah tidak lagi menjadi tempat satu-satunya untuk mencari ilmu dan memberikan pembentukan pada dirinya. Siswa yang datang ke sekolah bukan tong yang kosong yang siap diisi, melainkan seorang pribadi yang telah memiliki pengetahuan, pengalaman hidup yang bermakna bagi hidupnya sendiri. Mereka datang ke sekolah membawa sesuatu yang berharga untuk diakui keberadaannya. Hal ini membawa implikasi perubahan yang cukup besar dalam pola pendidikan dan pola pembelajaran di sekolah. Mereka telah memiliki “pancer” atau arah tentang dunia kehidupannya sendiri yang telah dibangun di luar sekolah. Pertanyaannya sekarang adalah pola pendidikan dan pola pembelajaran seperti apa yang diperlukan agar pendidikan dan pembelajaran tersebut dapat memperkaya, membuat hidup mereka makin bermutu, makin bersinar terang? Jangan sampai pendidikan dan pembelajaran di dalam sekolah justru merusak dan mematikan potensi kehidupan yang sudah dibangun dalam diri para peserta didik.

Jawaban akan pertanyaan ini memerlukan permenungan lebih lanjut. Sekarang biarkan dulu pertanyaannya berkembang sendiri.

Advertisements
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: