Skip to content

The 21st Century

12/06/2009

Millennium baru ditandai dengan sebuah revolusi teknologi yang dramatis. Kita sekarang hidup dalam masyarakat yang semakin beragam, mengglobal, kompleks dan dibanjiri dengan media. Menurut Dr. Douglas Kellner dari UCLA, revolusi teknologi ini akan berdampak lebih besar pada masyarakat dari pada perubahan dari tradisi oral ke tradisi cetak.


Anak-anak TK pada tahun ini akan pension pada tahun 2067. Kita tidak memiliki gambaran tentang dunia seperti apa lima tahun yang akan dating, apa lagi enam puluh tahun yang akan dating, tetapi kita di beri tugas dan tanggung jawab untuk mempersiapkan para siswa kita untuk hidup pada dunia yang belum jelas tersebut. Para siswa kita menghadapi berbagai macam masalah seperti pemanasan global, kelaparan, kemiskinan, isu kesehatan, ledakan penduduk dunia dan isu-isu lingkungan dan social yang lain. Isu-isu ini mengarahkan pada kebutuhan siswa untuk dapat berkomunikasi, berfungsi dan mampu menciptakan perubahan secara personal, social, ekonomi, politik pada tingkat local, nasional dan tingkat global.

Juga anak-anak TK dapat membuat perubahan di dunia dengan berpartisipasi dalam kehidupan nyata, proyek belajar melayani dalam dunia nyata. Anda tidak pernah akan terlalu muda, atau terlalu tua untuk membuat suara anda terdengar dan membuat perubahan yang meciptakan dunia menjadi tempat tinggal yang lebih baik.
Teknologi yang terus berkembang dan akibat globalisasi juga memberikan kemungkinan tak terbatas untuk penemuan baru dan perkembangan baru seperti bentuk baru energy, perkembangan medis, pemulihanan daerah yang rusak, komunikasi dan eksplorasi ke angkasa luar dan di kedalaman laut. Kemungkinan-kemungkinan itu tak terbatas.
Terjemahan bebas dari: http://www.21stcenturyschools.com/What_is_21st_Century_Education.htm

Advertisements
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: