Skip to content

MEMADUKAN TRADISI DAN MODERNITAS

12/18/2009

Masyarakat telah memiliki tata nilai dan tradisi sendiri sebelum mengenal budaya pop modern. Masyarakat kita telah memiliki sistem nilai yang terbukti nyata telah menciptakan kehidupan bersama yang baik dan harmonis di tengah-tengah kehidupan bersama. Kehadiran budaya modern yang masuk ke dalam masyarakat kita turut mewarnai dinamikan kehidupan masyarakat yang telah memiliki tradisi tersebut. Ada bahaya bahwa yang tradisi segera ditinggal dan dianggap ketinggalan jaman, dan beralih ke budaya pop modern. Hal ini menyebabkan kita tercerabut dari akar tradisi kita sendiri dan menjadi orang asing dalam dunia kita sendiri.

Contoh sebagai orang Jawa asli tidak lagi mengenal bahasa Jawa dan tata nilai yang terkandung di dalamnya. Semakin sedikit orang menggunakan bahasa Jawa sesuai dengan tata nilai yang telah dibangun oleh para ahli bahasa pada waktu itu. Tarian-tarian Jawa atau juga tarian daerah lain telah menjadi barang langka dan ditinggalkan oleh masyarakatnya sendiri. Pendek kata orang rame-rame mengambil budaya pop modern dan melupakan tradisi akar dari hidupnya yang sejati.

Saya merasa perlu bahwa generasi muda modern sekarang ini harus menguasai tradisi-tradisi Jawa (bagi generasi modern masyarakat Jawa), bahasa Jawa dengan tata nilai yang ada di dalamnya. Tanpa harus ketinggalan dengan perkembangan ilmu dan teknologi serta sosial kemasyarakatan modern, nilai-nilai dan tradisi Jawa harus dihidupi. Penting hal ini kita upayakan supaya kita tidak menjadi orang asih di tanah sendiri.

Renungan ini muncul ketika saya mengikuti peringatan 1 Suro 1943 Dal di sebuah gereja di Klaten yang mengangkat tema modern dengan paduan seni tradisi yang ada seperti Tarian, gamelan dan pedhalangan. Semua menjadi sangat indah dan menyentuh hati tanpa meninggalkan tradisi yang ada.

Advertisements
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: