Skip to content

PEMBAHARUAN HIDUP – SEMANGAT PASKAH 2010

04/03/2010

Pemberitaan Harian Kompas hari ini diwarnai dengan keprihatinan dan harapan dalam kehidupan Bangsa Indonesia. Keprihatinan akan kemerosotan moral bangsa kita telah memuncak dalam tindakan-tindakan koruptif di dalam tubuh bangsa kita sendiri mulai dari Pejabat-pejabat pemerintahan sampai lapisan masyarakat basis. Dalam bidang pendidikan, situasi tindakan koruptif dan ketidak jujuran sudah sampai pada tingkat akar rumput mulai dari Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi, mulai dari murid sampai dengan dosen. Inilah potret buram kehidupan kita dalam berbangsa dan bermasyarakat.

Mgr. Ignatius Suharyo, Uskup Agung Keuskupan Jakarta, dalam pesan natalnya menyebut keprihatinan kita akan lemahnya ingatan Bersama sebagai Bangsa Indonesia seperti Peringatan Sumpah Pemuda, Kebangkitan Nasional, Hari Pancasila, Hari Kemerdekaan dan peristiwa penting lain telah ditinggalkan sebagian besar masyarakat Indonesia.

Hilangnya Ingatan bersama kita telah memunculkan tindakan koruptif yang tanpa malu dan “tedeng aling-aling” dilakukan oleh sebagian masyarakat Indonesia. Pejabat-pejabat melakukan rekasaya supaya tindakan koruptif mereka dibenarkan. Mereka mengabaikan rasa keadilan dalam menjalankan tugasnya. Bapak Ahmad Shafii Maarif, Ketua Muhamadiyah, menuliskan kisah seoran buruh srabutan di Sleman yang kesulitan mendapatkan pinjaman dari bank sementara dia menyaksikan pemerintah dengan mudah menggelontorkan dana talangan 6.7 milyar dalam kasus Bank Century. Ini adalah sebuah ketidakadilan yang dirasakan masyarakat kecil.

Paskah, 2010 mengajak kita semua untuk “mewujudkan Ingatan Bersama sebagai Bangsa dan membiarkan ingatan itu membaharui hidup kita” kata Mgr. Ignatius Suharyo, Pr. Semoga semangat Paskah membangkitkan semangat kita untuk terus mewujudkan tata kehidupan yang penuh dengan kejujuran dan keadilan dilingkungan kita masing-masing. Sebuah tantangan besar bagi dunia Pendidikan kita di Indonesia, terutama di tempat aku berada saat ini.

Advertisements
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: