Skip to content

MENYADARI PERAN JEJARING SOSIAL DALAM PERKEMBANGAN DIRI

09/07/2010

Harian Kompas tanggal 7 September 2010 menurunkan sebuah liputan KAMPUS berjudul Terlena di Jejaring Sosial Maya. Menarik untuk disimak dan direnungkan kembali tulisan tersebut berkaitan dengan manfaat dan bahaya Internet-Jejaring sosial bagi proses perkembangan diri generasi muda kita.

Beberapa hal yang perlu direnungkan berkaitan dengan pengaruh media internet – jejaring sosial dalam perkembangan hidup kita adalah sebagai berikut. Segi positif yang dapat direnungkan bahwa dengan sarana ini seseorang menjadi mampu mengembangkan kreatifitas tanpa batas. Pemanfaatan perkembangan IT juga telah mendorong generasi muda menjadi berani ambil resiko/ risk taker dalam hidup mereka, mereka menjadi mudah terbuka mengungkapkan ide dan gagasannya. Di sisi lain, perkembangan IT dan penggunaannya yang tidak tepat mendorong kita dan generasi muda kita menjadi orang yang konsumtif. Mereka juga menjadi generasi yang apatis dan tidak ramah dan individualis dalam dunia nyata.

Menjadi kreatif dan risk taker

Pemanfaatan IT dengan baik dan terarah akan menolong anak-anak, generasi muda kita menjadi pribadi yang kreatif. Melalui Internet dan jejaring sosial anak-anak, generasi muda dan kita semua dapat mengembangkan kreatifitas misalnya dengan menulis, memasarkan produk, membangun jejaring kerja, bisnis, mengelola organisasi , bagi para pendidik di sekolah dapat menyelenggarakan pembelajaran on line untuk mendukung pembelajaran di kelas.

IT –Internet-jejaring sosial memberikan kemungkinan kepada anak-anak, generasi muda dan siapa saja untuk bereksperimentasi dengan gagasan dan pemikirannya tanpa dihinggapi rasa takut salah. Dalam hal ini anak-anak, generasi muda belajar menjadi risk-taker, suatu yang sangat diperlukan dalam dunia sekarang ini. Anak-anak, generasi muda belajar menyerap berbagai macam pengetahuan dan merumuskan kembali serta menuangkannya dalam media Internet dan jejaring sosial serta terbuka menerima kritik dari orang lain.

Hidup konsumtif

Kehadiran Internet-Jejaring sosial mendorong sikap konsumtif dalam diri anak-anak, generasi muda, bahkan sampai melumpuhkan daya kritis anak-anak,generasi muda dan pengguna Internet. Para pengembang program jejaring sosial, game dll menggelontorkannya ke Internet dan mendorong pengguna untuk terus mencoba dan menggunakannya. Tanpa sadar para pengguna berkembang menjadi penikmat produk tersebut. Demikian juga dengan produk-produk elektronik sebagai pendukung applikasi tersebut menjadi sasaran para penggunanya. Orang tidak lagi bisa membedakan mana kebutuhan pokok dan mana kebutuhan sekunder. Generasi ini juga menjadi generasi yang cepat tidak puas dan ingin segera berganti dengan yang lain.

Penurunan kualitas hidup

“Penggunaan Internet dan jejaring sosial yang tak terkendali akan menurunkan kualitas hidup karena pemanfaatan itu mendorong orang untuk menjadi individualis-narsis “(Kompas, 7 September 2010). Saya setuju dengan ungkapan tersebut. Anak-anak menjadi pribadi-pribadi yang individualis dan asyik dengan diri sendiri. Mereka menjadi tidak dekat dengan lingkungan sekitar karena asyik dengan orang-orang di dunia mayanya.
Anak-anak, remaja membangun kepercayaan diri yang semu di dunia maya. Mereka mengira bahwa orang mengagumi dirinya sepenuhnya kalau account twitter atau facebooknya diikuti banyak orang. Namun demikian mereka dapat saja menjadi orang-orang yang menyendiri di lingkungannya sendiri, tidak kenal banyak orang di dunia nyata. Ini berbahaya…

Pentingnya pendampingan

Pendampingan dan penyadaran terus-menerus diperlukan untuk anak-anak dan generasi muda kita supaya tidak menjadi korban perkembangan dunia Informasi dan teknologi sekarang ini. Upaya yang sistematis harus dilakukan di masyarakat, sekolah, dan di komunitas-komunitas untuk memanfaatkan Internet –jejaring sosial secara baik dan bijaksana supaya hasil kerja keras manusia ini mampu meningkatkan kualitas hidupnya sehari-hari. Bagaimana caranya? Itulah pertanyaan berikutnya yang perlu dipikirkan jawabannya. He he he…

Advertisements
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: