Skip to content

KEHIDUPAN GLOBAL PERLU KETERBUKAAN DAN TOLERANSI

09/19/2010

Dunia tempat kita hidup sekarang ini sudah menjadi dunia yang global. Dunia tempat kita hidup telah dikeluarkan dari sekat-sekat geografis, budaya, waktu. Kehidupan masyarakat dengan budaya yang berbeda-berbeda saling berinteraksi dan saling belajar tanpa mengenal tempat dan waktu. Singkatnya kita telah masuk dalam dunia global dimana sekat-sekat perbedaan telah di buka lebar. Keadaan demikian memerlukan keterbukaan dan toleransi dalam hidup kita supaya kita dapat menjadi anggota masyarakat global dan dapat berkontribusi di dalamnya. Keunikan pribadi dan masyarakat kita tetap harus berkembang bersama dengan keunikan pribadi dan masyarakat yang lain. Tanpa sikap ini kita akan menjadi orang asing dalam dunia global ini.

Peristiwa-peristiwa yang menunjukkan gejala intoleransi dan ketertutupan sebuah kelompok masyarakat akhir-akhir ini menjadi berita hangat dalam televisi. Perbedaan suku, agama, ras telah memicu terjadinya konflik yang berkepanjangan. Ternyata hidup dalam keberagaman tidaklah mudah. Sikap saling menerima dan saling menghormati tidak mudah dalam kehidupan masyarakat yang tak dilatih terbuka dan menerima keberbedaan. Setiap kelompok atau individu mengklaim bahwa miliknya menjadi satu-satunya yang benar dan perlu diterima sementara kelompok lain salah dan harus tunduk. Inilah gejala-gejala ketidakmampuan masyarakat kita dalam menghidupi tantangan dunia global di mana dibutuhkan keterbukaan dan toleransi dalam hidup bersama.

Dunia global menuntut kita membuka diri terhadap perbedaan dan keberagaman dari kelompok dan masyarakat lain. Dalam era pergaulan yang terbuka ini, keterbukaan terhadap keberagaman menjadi syarat pokok agar kita dapat masuk dan berpartisipasi dalam dunia global tanpa kita kehilangan kekhasan dan nilai-nilai kehidupan kita sendiri. Kiranya ini menjadi salah satu sikap yang perlu kita latih dalam diri kita sendiri dan juga terutama dalam generasi muda anak-anak kita. Bagaimana sikap terbuka terhadap perbedaan dilatihkan dalam kehidupan keluarga, sekolah dan masyarakat kita, itu menjadi tantangan kita.

Toleransi juga diperlukan agar kita mampu memberikan ruang bagi orang lain tumbuh dalam keberbedaan. Tak perlu orang menjadi seragam dan atau mengikuti semua aturan dan kebiasaan hidup kita. Mereka semua memiliki hak untuk hidup dan mengekspresikan diri secara bebas tanpa harus mengganggu kebebasan orang lain dengan tetap mengingat kesepakatan hidup bersama.

Mari kita belajar hidup bersama dalam keberbedaan. Perbedaan bukan halangan untuk hidup bersama dengan harmonis. Keberbedaan menjadikan hidup menjadi indah dan berwarna….. Kita menjadi anggota masyarakat global yang tetap memiliki jati diri kita…….

Advertisements
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: